• Oct : 18 : 2017 - 3 Jurus Optimis Anak SMK Bisa!
  • Nov : 26 : 2015 - Menguasai Pertolongan Pertama Gawat Darurat lewat E-learning
  • Jul : 30 : 2015 - Blended Learning
  • Jul : 15 : 2015 - Sekilas Peran Teknologi Informasi di Pekan Lebaran
  • Jul : 7 : 2015 - Berbuka Bersama via Videoconference

Mengenal Desain Instruksional

instrutional design course

image source: google.com

Arsitek membuat gedung bertingkat agar dapat digunakan oleh banyak kantor atau mungkin apartemen. Ketika membangun, tentu saja arsitek memanfaatkan teknologi. Untuk membuat gedung, terdapat orang-orang yang telah terlatih, seperti arsitek, insinyur, dan pekerja bangunan. Orang-orang tersebut kemudian memanfaatkan teknologi untuk membantu menyelesaikan gedung tersebut.

Jika terpikir bahwa hanya diperlukan orang-orang yang terlatih dan teknologi untuk membuat sebuah gedung, mungkin gedung itu tidak akan dapat berdiri dengan kokoh. Ada satu komponen yang merupakan kewajiban bagi para pembuat gedung, yakni cetak biru atau rancangan bagaimana mendesain, membangun, dan menjaga agar gedung tersebut berdiri dengan kokoh sesuai dengan apa yang direncanakan.

Berkaitan dengan pembelajaran, ada pendidik yang telah terlatih memanfaatkan teknologi informasi dan infrastruktur yang mendukung pembuatan bahan ajar. Sama halnya dengan pembuatan gedung, pendidik yang terlatih dan infrastruktur yang memadai belum tentu menjamin terlaksananya pembelajaran berbasis teknologi informasi. Diperlukan sebuah rancangan agar dapat melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang efektif.

Rancangan tersebut dalam e-learning atau pembelajaran berbasis teknologi informasi disebut dengan Desain Instruksional. Pada dasarnya, desain instruksional adalah pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Namun dalam dunia belajar, desain instruksional adalah sebuah perancangan yang spesifik akan pembelajaran menggunakan teori pembelajaran untuk menjamin kualitas dari pembelajaran. Desain instruksional meliputi seluruh proses analisis kebutuhan dan tujuan belajar serta pengembangan sistem pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar tersebut.

Pada penerapannya, ada berbagai macam model desain instruksional. Seperti Bloom’s Learning Taxonomy, Kirkpatrick’s 4 Levels of Training Evaluation, Kemp’s Instructional Design Model, dan sebagainya. Dari seluruh model desain instruksional, ada satu model yang paling dasar, yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Model ADDIE ini adalah prinsip dasar desain instruksional yang merupakan panduan bagi para pembuat konten pembelajaran (khususnya e-learning) agar tercipta pembelajaran yang efektif dan menghasilkan kegiatan belajar yang optimal. Model ADDIE ini juga menjadi panduan yang fleksibel untuk menyusun modul pelatihan.

 

sumber:

labcom38b.wordpress.com

wikipedia.com

 

Categories: E-Learning

Leave a Reply


             Connect with us :                Facebook   |   Twitter   |   YouTube Site Map   |   Career   |  Contact Us