• Oct : 18 : 2017 - 3 Jurus Optimis Anak SMK Bisa!
  • Nov : 26 : 2015 - Menguasai Pertolongan Pertama Gawat Darurat lewat E-learning
  • Jul : 30 : 2015 - Blended Learning
  • Jul : 15 : 2015 - Sekilas Peran Teknologi Informasi di Pekan Lebaran
  • Jul : 7 : 2015 - Berbuka Bersama via Videoconference

Pusat pelatihan adalah fasilitas yang dimiliki oleh kebanyakan institusi tidak terkecuali lembaga pemerintah. Pusat pelatihan atau Learning Center berfungsi untuk penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan (diklat). Mendirikan pusat pelatihan berarti juga mengadakan fasilitas yang memadai dan tentunya berkaitan dengan pemanfaatan teknologi  untuk pembelajaran.

Di Indonesia, salah satu lembaga pemerintah yang telah memanfaatkan teknologi pada infrastruktur pusat pelatihannya adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK adalah salah satu institusi yang memiliki otoritas dalam menentukan peraturan bagi para lembaga usaha jasa keuangan. Karena sering mengeluarkan peraturan baru pada sektor jasa keuangan, OJK membutuhkan banyak sosialisasi terhadap lembaga-lembaga yang diaturnya. Salah satu bentuk sosialisasi OJK adalah dengan mengadakan pelatihan (training) kepada para calon pengemban peraturan.

Untuk mewujudkan kegiatan training yang efektif, OJK telah merilis OJK Institute pada November 2014 lalu. OJK institute adalah sebuah pusat riset dan pelatihan yang meliputi OJK Learning Center, Assesment dan Talent Management, Research Center, Financial Exhibition Museum dan Leadership and Financial Cyber Library. Dalam mewujudkan OJK Institute, OJK dibantu oleh Pinteraktif dalam mengoptimalkan teknologi pusat pelatihannya, khususnya pada OJK Learning Center.

OJK Learning Center yang terletak di Lantai 7 Gedung OJK Institute itu memiliki tiga buah ruangan utama. Ketiga ruangan tersebut  adalah fasilitas cerdas yang fungsional, yaitu ruangan Integrity, Synergy dan Professional. Integrity dan Synergy, dua ruangan berkapasitas sekitar 30 orang, dan Professional, sebuah ruangan dengan kapasitas lebih besar. Fasilitas cerdas tersebut  adalah aplikasi dari Pinteraktif Interactive Class yang disesuaikan dengan kebutuhan OJK Learning Center. Dengan aplikasi Interactive Class, masing-masing ruangan dilengkapi dengan sebuah Smart Podium, sebuah  LED Touchscreen dan sistem perekaman training.

Smart Podium berfungsi sebagai pusat pengaturan presentasi termasuk pencahayaan dan audio dalam ruangan. Sehingga seorang trainer akan dengan mudah menampilkan presentasi tanpa bantuan operator. Lalu, selain berfungsi sebagai papan tulis digital, LED touchscreen juga menampilkan visual yang tak terbatas sehingga memudahkan trainee untuk fokus dengan materi pembelajaran. Kegiatan training dengan Interactive Class juga berlangsung dengan sistem perekaman training. Ketika training telah usai dan trainee ingin mengulang materi, trainee dapat memutar kembali rekaman training kapan saja. ini merupakan salah satu cara agar trainee lebih memahami materi yang diberikan sehingga dapat meningkatkan efektifitas training.

Training yang efektif mendukung peningkatan kualitas SDM. Oleh karena itu, infrastruktur pusat pelatihan dengan Interactive Class bisa menjadi sebuah efisiensi anggaran bagi setiap lembaga pemerintah. Dengan Interactive Class, OJK Learning Center bercita-cita untuk menumbuhkan calon profesional dan pemimpin yang highly competent. Hal ini merupakan sebuah persembahan bagi bangsa, khususnya masyarakat sektor keuangan Indonesia melalui proses pencerdasan, peningkatan ilmu pengetahuan, penelitian dan proses pembelajaran yang berkesinambungan.

 

Leave a Reply


             Connect with us :                Facebook   |   Twitter   |   YouTube Site Map   |   Career   |  Contact Us