• Oct : 18 : 2017 - 3 Jurus Optimis Anak SMK Bisa!
  • Nov : 26 : 2015 - Menguasai Pertolongan Pertama Gawat Darurat lewat E-learning
  • Jul : 30 : 2015 - Blended Learning
  • Jul : 15 : 2015 - Sekilas Peran Teknologi Informasi di Pekan Lebaran
  • Jul : 7 : 2015 - Berbuka Bersama via Videoconference

Pembelajaran Efektif dengan E-learning

Pada pembelajaran konvensional, pengetahuan disampaikan di dalam sebuah ruangan kelas oleh pengajar. Di sana pembelajar akan mendengarkan, menyaksikan, dan berinteraksi secara tatap muka langsung dengan pengajarnya. Namun seiring berkembangnya teknologi informasi, kini pengetahuan dapat diakses melalui laptop, tablet, smartphone maupun TV yang terhubung dengan internet. Proses pembelajaran yang disampaikan melalui media elektronik itu disebut e-learning. E-learning memiliki beberapa karakter dan kelebihan.

 

Karakter

  • Self-Paced

Belajar dengan e-learning memberikan kemandirian bagi pembelajar dalam menentukan berapa lama materi dipelajari. Materi atau konten yang dapat diakses melalui mobile device seperti laptop, tablet, smartphone memudahkan pembelajar untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Dengan kemandirian, pembelajaran dilakukan sesuai dengan kecepatan belajar setiap individu (self-paced). Namun demikian, perlu diingat bahwa selain ada kebebasan dalam mempelajari materi, institusi maupun organisasi tetap dapat menentukan batas waktu pembelajarannya.

 

  • Konten yang Interaktif

Untuk menciptakan kemandirian dalam e-learning,  konten dirancang agar pembelajar melakukan aksi terhadap materi yang dipelajari. Agar pembelajar melakukan aksi terhadap materi, diciptakan konten yang interaktif. Konten yang interaktif dapat dibuat dengan multimedia, yaitu konten berbentuk kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi hingga video. Contoh konten yang interaktif seperti kuis dengan aksi pilihan ganda, aksi mencocokkan  pernyataan, drag and drop, hingga studi kasus dengan skenario bercabang.

 

Kelebihan

  • Penghematan Biaya

Salah satu kelebihan e-learning yang esensial adalah penghematan biaya. Ketika sebuah perusahaan mengadakan sebuah training di sebuah tempat, perusahaan tentu harus mengeluarkan biaya sewa tempat, akomodasi karyawan, pengadaan modul training hingga jasa trainer atau pembicara. Biayanya tentu tidak sedikit. E-learning memangkas biaya tersebut karena pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

 

  • Meningkatkan Kinerja

Saat karyawan mengikuti training secara tatap muka secara langsung, mereka belum tentu berada dalam keadaan fokus karena alokasi waktu belajar yang kaku. Melalui e-learning, pembelajar dapat melakukan pembelajaran tanpa harus lepas dari aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berinteraksi dengan keluarga dan sebagainya. Mereka dapat tetap produktif dalam aktivitasnya, sehingga kinerja (performance) meningkat. Hal ini tidak berlaku hanya pada pembelajar saja namun juga pengajar (trainer) dan pihak lain terkait proses pembelajaran.

 

Karakter dan kelebihan e-learning merupakan nilai yang dibutuhkan bagi pembelajaran di era teknologi informasi seperti saat ini. Namun, bagi beberapa kasus, pembelajaran tetap efektif ketika diadakan secara tatap muka. Untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif, e-learning dapat digabungkan dengan pembelajaran secara tatap muka. E-learning hadir sebagai pengoptimasi pembelajaran yang telah ada, bukan mutlak sebagai pengganti.

 

Categories: E-Learning

Leave a Reply


             Connect with us :                Facebook   |   Twitter   |   YouTube Site Map   |   Career   |  Contact Us