• Oct : 18 : 2017 - 3 Jurus Optimis Anak SMK Bisa!
  • Nov : 26 : 2015 - Menguasai Pertolongan Pertama Gawat Darurat lewat E-learning
  • Jul : 30 : 2015 - Blended Learning
  • Jul : 15 : 2015 - Sekilas Peran Teknologi Informasi di Pekan Lebaran
  • Jul : 7 : 2015 - Berbuka Bersama via Videoconference

brochure new-04

Pembelajaran masa kini adalah pembelajaran yang sangat melibatkan pembelajar di dalamnya. Ketika masuk ke sebuah kelas, dapat dirasakan antusiasme para pembelajar. Para pengajar di Indonesia saat ini telah banyak mengaplikasikan metode-metode belajar yang membuat pembelajar aktif terlibat di dalam kelas. Contohnya seperti role-playing, cooperative learning, studi kasus, hingga metode belajar dengan e-learning. Hal ini membuktikan bahwa revolusi metode pembelajaran di kelas-kelas pada institusi maupun organisasi di Indonesia sudah mulai terjadi.

Revolusi metode belajar ini banyak melibatkan interaksi antar pembelajar sehingga dibutuhkan infrastruktur teknologi yang memicu pembelajar untuk bergerak, berinteraksi secara cepat dan mudah. Misalnya ketika berdiskusi dalam kelas, pembelajar membutuhkan fasilitas yang memudahkan untuk sharing materi diskusi. Fasilitas tersebut adalah perangkat teknologi yang interaktif dan terintegrasi dalam satu kesatuan infrastruktur teknologi pembelajaran. Pinteraktif Interactive Class mendukung revolusi metode belajar dari segi infrastruktur teknologinya.

Di OJK Learning Center, misalnya, terdapat fasilitas perekaman otomatis untuk pembelajaran. Ketika pelatihan sedang berlangsung, terdapat sebuah kamera di kelas yang otomatis merekam pembelajaran yang sedang berlangsung. Fokus rekaman kamera tersebut dapat diatur, apakah mengarah pada pengajar, pembelajar atau seluruh kelas. Perekaman otomatis pembelajaran ini menjadikan pembelajaran dapat diputar ulang sehingga pembelajar dapat menyimak kembali materi ajar sesuai kecepatan belajarnya. Fasilitas ini juga sangat berguna bagi pengajar untuk mengevaluasi gaya mengajarnya. Efektifitas pembelajaran meningkat dengan penggunaan fasilitas perekaman otomatis.

Selain fasilitas perekaman otomatis di OJK Learning Center, pada UNPAD Advanced Class, Infrastruktur Pinteraktif Interactive Class terintegrasi dengan fasilitas video conference yang telah ada. Video conference yang terintegrasi tidak hanya memudahkan komunikasi, namun juga membangun kolaborasi antar pembelajar dan pengajar di lokasi yang berbeda. Bersama denganĀ  fasilitas video conference yang terintegrasi, lay out meja trapezoidal juga memudahkan para pembelajar berkolaborasi dalam aktivitas belajarnya.

Infrastruktur Pinteraktif Interactive Class menciptakan lingkungan belajar yang sejalan dengan prinsip pembelajaran 21st Century Classroom. Lingkungan belajar seperti ini membuka peluang bagi pembelajar untuk mengakses para ahli untuk berbagi ilmu dengan mudah. Selain itu, semakin mudah untuk saling berbagi dengan kelas-kelas lainnya yang sama-sama sedang membahas suatu materi tertentu di seluruh dunia. Sehingga pembelajar tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan komunikasinya, tetapi juga dapat memperluas wawasannya.

Categories: Interactive Class

Leave a Reply


             Connect with us :                Facebook   |   Twitter   |   YouTube Site Map   |   Career   |  Contact Us