• Oct : 18 : 2017 - 3 Jurus Optimis Anak SMK Bisa!
  • Nov : 26 : 2015 - Menguasai Pertolongan Pertama Gawat Darurat lewat E-learning
  • Jul : 30 : 2015 - Blended Learning
  • Jul : 15 : 2015 - Sekilas Peran Teknologi Informasi di Pekan Lebaran
  • Jul : 7 : 2015 - Berbuka Bersama via Videoconference

Sekilas Peran Teknologi Informasi di Pekan Lebaran

image source: google.com

image source: google

Lebaran merupakan momen penting di mana setiap orang ingin berkumpul bersama dengan keluarga maupun orang-orang tersayang. Oleh karena itu, setiap orang yang tinggal jauh dari keluarga atau kerabatnya sanggup bepergian jauh demi mencapai momen kebersamaan di hari raya. Terlebih di Indonesia, pulang ke kampung halaman sudah seperti kewajiban setiap tahun. Kalau tidak pulang dan bertemu dengan keluarga, terasa ada yang kurang di hari raya.

Karena tradisi pulang kampung ini, ada fenomena rutin yang terjadi, seperti seluruh tiket ekspedisi selalu habis dan jalur transportasi yang penuh di pekan lebaran. Untungnya, saat ini teknologi informasi banyak membantu masyarakat dalam beberapa kebutuhan di pekan lebaran. Misalnya, pembelian tiket ekspedisi yang dapat diakses dengan internet. Hampir seluruh ekspedisi memiliki website pemesanan tiket sendiri sehingga, masyarakat mudah untuk mendapatkan ekspedisi tanpa harus datang ke stasiun.

Adapun ketika perjalanan berlangsung, masyarakat dapat memantau lalu lintas melalui bantuan Area Traffic Control System (ATCS). ATCS adalah sebuah sistem berbasis teknologi informasi yang digunakan untuk mengendalikan dan memantau lalu lintas. Informasi dari ATCS yang didistribusikan melalui Diskominfo di berbagai saluran sangat membantu masyarakat dalam berlalu-lintas dengan optimal walaupun arus kendaraan sedang maksimal.

Nah, berlawanan dengan kemudahan yang didapat dengan menggunakan teknologi seperti tadi, justru teknologi itu sendiri tidak bisa menggantikan momen kebersamaan Idul Fitri. Chat via internet atau melakukan video call tidak sama dengan momen berkumpul bersama secara langsung dengan keluarga. Kebersamaan secara fisik di hari fitri berarti melepas kerinduan dan menikmati kebersamaan dengan hati yang bersih. Namun demikian, ketika seseorang tidak dapat bertemu keluarganya secara langsung saat Lebaran, teknologi informasi kembali menjadi solusi utama.

 

Bagi Anda yang merayakan Idul Fitri tahun ini, mari gunakan teknologi untuk membangun kebersamaan.

Keluarga besar Pinteraktif mengucapkan,

Print Kartu lebaran2-A6

Categories: Umum

Leave a Reply


             Connect with us :                Facebook   |   Twitter   |   YouTube Site Map   |   Career   |  Contact Us